Sejarah dan Keunikan Motor Pertama di Dunia

Sejarah dan Keunikan Motor Pertama di Dunia – Sekitar tahun 1996, sepeda motor yaitu sebuah hal yang benar-benar istimewa. Judi Slot Sepeda motor pada ketika itu menjadi kemauan dan bukan kebutuhan. Saat ini, sepeda motor menjadi kebutuhan oleh banyak orang sebagai alat transportasi yang membantu mobilitas masyarakat. Orang yang dulu terbiasa berjalan kaki, kini telah malas untuk berjalan dan lebih memilih untuk mencapai perjalanan dengan motor.

Bayangkan, kau mencapai jarak berpuluh-puluh meter dengan berjalan, pasti akan benar-benar melelahkan. Nah, tulisan kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai sejarah dan keunikan motor pertama di dunia. Harapannya info berikut bisa menambah wawasan bagi kau.


Menilik Sejarah Motor Pertama yang Pernah Ada di Dunia

Dikutip dari buku Ensiklopedia Transportasi Dunia yang ditulis oleh Nuri Mentari Dini (2011: 96), sepeda motor pertama di dunia berupa sepeda besi berpedal (velocipede) buatan Pierre Michaux yang dipasangi mesin uap satu tabung buatan Louis-Guillaume Perreaux. Karena itu, sepeda motor yang dihasilkan di Prancis pada tahun 1867 ini lalu disebut dengan ‘The Michaux-Perreaux Steam Velocipede’ dan menerima hak paten pada 16 Maret 1969.

Keunikan dari motor ini yaitu memiliki berat sekitar 88 kg dengan tenaga sebesar 1-2 tenaga kuda. Adapun motor ini bisa melaju dengan 14 km/jam. Kecuali negara Prancis, Sylvester H Roper dari Amerika Serikat juga menghasilkan sepeda motor pertama dengan menerapkan mesin uap.

Rangka sepeda motor yang dihasilkan oleh Roper ini berupa rangka sepeda berpedal (velocipede).

Namun, menerapkan mesin uap dua tabung yang dipasang di sisi kanan dan kiri rangka. Pada tahun 1884, Roper membuat versi lain ‘Roper Steam Velocipede’ yang menerapkan mesin uap satu tabung. Sepeda ini memiliki tenaga seimbang 3 tenaga kuda dan bisa melaju dengan kecepatan sampai 64 km/jam.

Sepeda motor ketika ini menjadi alat transportasi yang benar-benar diperlukan oleh banyak orang. Demikian sejarah dan keunikan motor pertama di dunia yang menarik untuk dibaca. Semoga info di atas bermanfaat!

Tulisan ini dipublikasikan di Sejarah Dunia dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.