Suku Melayu Dan Kaitannya Dengan Agama Islam

Asal mula penggunaan nama Melayu diduga berasal dari Kerajaan Melayu, sebuah kerajaan yang pernah ada di kawasan Sungai Batang Hari, Jambi. Kerajaan Melayu dalam perkembangannya tunduk pada kekuasaan Kerajaan Sriwijaya dan menjadikannya di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Dari kejadian tersebut, istilah melayu mulai dikenal luas oleh masyarakat , bahkan tidak hanya di wilayah Sumatera. Namun sudah merambah ke wilayah Jawa dan Kalimantan.

suku melayu dan kaitannya dengan islam

  • Ciri-ciri Orang Melayu

Masyarakat suku melayu termasuk dalam suku yang memiliki ciri khas yang cukup jelas jika disandingkan dengan suku lain.

Suku Melayu adalah suku/suku bangsa Austronesia yang mendiami slot gacor hari ini di  Semenanjung Malaya, pesisir timur pulau Sumatera (Bangka Belitung, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara), bagian selatan Thailand, pesisir selatan Burma, pulau Singapura, pantai Kalimantan, Filipina. selatan, dan pulau-pulau kecil yang mengelilingi lokasi ini—secara kolektif dikenal sebagai “Dunia Melayu”. Lokasi ini sekarang menjadi bagian dari negara contemporary Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, Thailand dan Filipina.

  • Kedatangan Pertama Ras Melayu

Ras Melayu pertama kali datang ke daerah Riau sekitar tahun 2500 SM. Mereka berasal dari daratan Asia Tengah dan menyeberang dari Semenanjung Malaysia.

  • Kedatangan Kedua Ras Melayu

Kedatangan kedua terjadi pada 1500 SM dan gelombang datang ketiga sekitar 300 SM. Suku Melayu Riau merupakan salah satu keturunan pendatang dari daratan Asia.

Islam berperan besar dalam perkembangan peradaban di tanah Melayu. Padahal sebelumnya daerah ini telah mengembangkan budaya yang sangat kuat (Hindu-Budha) dan cukup mengakar serta melahirkan berbagai budaya. Islam sebagai agama pengganti dan masuk setelah Hindu-Budha kemudian lebih banyak memberikan kemajuan bagi peradaban Melayu yang berasimilasi dan berakulturasi dengan budaya yang ada, namun tidak merusak prinsip-prinsip inti agama Islam. Peradaban Islam memberikan kemajuan bagi wilayah Melayu dalam bentuk aspek (sosial, politik, ekonomi dan agama).

  • Peradaban Islam

Peradaban Islam memberikan kemajuan bagi wilayah Melayu dalam bentuk aspek (sosial, politik, ekonomi dan agama). perkembangan istilah “Melayu Pasti Islam”, dan mencoba mendeskripsikan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia.

Masyarakat Melayu Riau telah memeluk agama Islam sejak abad kesebelas Masehi. Namun dalam masyarakat ini masih dapat ditemukan tokoh-tokoh yang menguasai kepercayaan okultisme dan animisme yang disebut bomo (dukun).

Mereka percaya bahwa ada makhluk halus yang dapat menjelma menjadi buaya putih, gajah bekas, ular belat, harimau tengkis dan lain-lain

Tulisan ini dipublikasikan di Sejarah Dunia dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.