Sejarah Dinasti Goryeo Di Korea Selatan

Banyak Drama korea yang mengadaptasi cerita pada masa kerajaan lalu contohnya saja zaman kerajaan pada dinasti Goryeo, ada beberapa drama korea yang mengangkat dan mengemas kerajaan ini menjadi sebuah film yang tentunya di bumbui dengan alur romantis yang dapat menarik penonton. Berikut adalah Sejarah Kerajaan pada Dinasti Goryeo.

sejarah dinasti goryeo

Ternyata bukan hanya Indonesia, tetapi banyak Negara lain yang memiliki sejarah kerajaan, Termasuk Negeri ginseng yakni Korea. Merupakan negara yang berada di wilayah timur asia yang wilayahnya terbagi menjadi dua negara yaitu Korea selatan dan Korea Utara. Korea selain terkenal dengan Kpop dan Drama ternyata memiliki banyak sekali hal menarik yang perlu diketahui.

Sejarah Dinasti Goryeo

Goryeo adalah sebuah dinasti kerajaan yang bermula pada akhir abad ke-9, Silla dan Balhae sedang mengalami kekacauan akibat konflik internal kerajaan. Di Kerajaan Silla, terjadi perebutan takhta yang mengakibatkan guncangan politik dan meletusnya pemberontakan petani serta munculnya pemimpin pemberontakan di daerah-daerah.
Pada akhirnya, kekuatan militer membangun kerajaan baru yang di dukung oleh Warga dari zaman kerajaan Balhae dan juga Goguryeo. Nama Goryeo sendiri yang akan menjadi cikal bakal nama Korea nantinya.

Kemajuan dalam kerajaan Goryeo yaitu tahun 958, Goryeo yang pertama kali menerapkan sistem ujian nasional untuk menyeleksi pegawai pemerintahan, tujuannya yaitu untuk memilih pegawai yang berkualitas dalam menduduki jabatan penting. Selain itu, hal ini bertujuan agar kelak pemerintah kerajaan juga dapat memberikan kontribusi yang banyak terhadap pembangunan kerajaan itu sendiri.

Awal Mula Runtuhnya  Goryeo

kisaeng peghibur dinasti goryeo

Pada tahun 1231, Invasi Mongol meluluhlantakkan Goryeo. Invasi Pertama yang terdiri dari 6 seri, memporak-porandakan Goryeo selama semakin dari 40 tahun. Ketika Mongol menyerbu, rezim militer mengungsi ke Pulau Ganghwa dan bertahan dari gempuran. Setelah itu, mereka akhirnya mencapai kesepakatan damai dengan syarat goryeo harus menyiapkan pasukan militer untuk Mongol. Serta, pemerintahan Goryeo juga harus memberikan upeti kepada mongol. Untuk memperoleh uang lebih mereka bermain di ceriabet agar bisa memberi upeti dengan tepat waktu.

Akhirnya pada tahun 1388, Yi Seong-gye dan Jeong Do-jeon mengerahkan pasukan mereka dan menerapkan kudeta. Kudeta yang berhasil ini mengantarkan fondasi dinasti yang baru dan meruntuhkan kerajaan Goryeo sepenuhnya. Setelah itu muncul lah Dinasti Joseon, dengan Yi Seong-gye sebagai pemimpin pertamanya. (1392).

Tulisan ini dipublikasikan di Sejarah Dunia dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.